Beranda Tanggamus Tim Gugus Tugas Provinsi Lampung Mengunjungi Kabupaten Tanggamus

Tim Gugus Tugas Provinsi Lampung Mengunjungi Kabupaten Tanggamus

30
0

Tanggamus – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Provinsi Lampung Mengunjungi Kabupaten Tanggamus, Kamis 16 April 2020.

Kunjungan yang dipimpin Ketua DPRD Provinsi Lampung, Mingrum Gumay.Dalam rangka berkoordinasi langsung dengan Tim Gugus Tugas Kabupaten Tanggamus.

Mingrum Gumay yang juga sebagai Wakil Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 Provinsi Lampung tersebut mengawali kunjungannya dengan menyambangi Posko Penanggulangan Virus Corona yang ada di Rest Area Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus,lalu rombongan bergerak ke Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 di Kantor BPBD Tanggamus dan Rumah Sakit Umum Daerah Batin Mangunang Kotaagung.

Dalam kunjungannya tersebut Mingrum yang didampingi Karo Log Polda Lampung Kombes Pol. Bastoni Purnama, Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Lampung Fitri Anita dan Kepala BPBD Provinsi Lampung Syamsul Rahman disambut Langsung Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani beserta jajaran Forkopimda, Wabup Hi. AM. Syafii dan Kepala Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Tanggamus Hamid H Lubis,Ketua Dewan kabupaten Tanggamus Agus Heri Setiawan,Staf Ahli Bupati,para asisten bupati,para kepala OPD kab tanggamus.

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani selaku Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 di Kabupaten Tanggamus dalam laporannya mengatakan bahwa update data terkini orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Tanggamus sebanyak 109 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) nihil dan positif Corona 0 kasus.

“Jumlah ODP Tanggamus memang meningkat signifikan ini karena banyak masyarakat Tanggamus yang ke Pulau Jawa untuk bekerja. Kendati demikian kami terapkan standar operasional prosedur (SOP), setiap warga yang baru pulang dari Jawa atau daerah terkonfirmasi Corona langsung dilakukan pemantauan selama 14 hari sesuai protokol kesehatan dan kami juga di Kabupaten bersinergi dengan posko Covid di pekon, “ujar Dewi.

Ditambahkan Sekda Tanggamus Hamid H Lubis bahwa untuk penanganan Covid 19, Pemkab Tanggamus melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sudah melakukan Refocusing anggaran dari APBD dan libatkan pekon untuk re alokasi kegiatan dari dana desa.

“Selain dukungan anggaran dari APBD, kami juga saat ini berencana membangun 16 ruang Isolasi di 16 kecamatan yang saat ini sedang dalam pembicaraan TAPD,”ujar Lubis.

Sementara, Wakil Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 Provinsi Lampung Mingrum Gumay mengatakan bahwa kunjungannya dalam rangka berkoordinasi secara langsung kepada tim gugus tugas yang ada di kabupaten.

“Kami jajaran Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 Provinsi Lampung yang diketuai Gubernur Lampung dan wakil yang terdiri dari Ketua DPRD, Kapolda, Kajati serta Danrem berbagi tugas untuk turun ke Kabupaten/kota dalam rangka koordinasi dan pada prinsipnya koordinasi adalah komunikasi antara Provinsi dan kabupaten sehingga kami bisa tahu langsung apa yang sudah dikerjakan Kabupaten dan apa kendalanya,”ujar Mingrum.

Dalam kesempatan tersebut, Mingrum mengapresiasi dengan apa yang telah dilakukan Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 Kabupaten Tanggamus. Yang menurutnya sudah bekerja dengan baik dan bersinergi mulai dari Kabupaten, TNI/Polri hingga tingkat pekon. “Saya dapat informasi kalau sampai sekarang belum ada PDP Corona yang dirawat ataupun pasien Positif dari Tanggamus, artinya Tanggamus ini masih zona hijau, semoga ini terus berlangsung hingga Pandemi Corona ini berakhir,” pungkas Mingrum Gumay.

Dalam kesempatan tersebut, Mingrum menyerahkan bantuan kepada Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 Kabupaten Tanggamus berupa 1000 masker medis, Alat Perlindungan Diri (APD) dan rapid test. Bantuan diterima langsung bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani.

 

Penulis : Dn/BW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here