Beranda Lampung Utara Sikapi Serangan Nyamuk Aedes Aegypti, Dinkes Lampura Foging Sejumlah Titik Rawan

Sikapi Serangan Nyamuk Aedes Aegypti, Dinkes Lampura Foging Sejumlah Titik Rawan

17
0

Lampung Utara – Sebelum musim hujan Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara telah memulai pelaksanaan foging disejumlah daerah dan melaksanakan giat sosialisasi dalam upaya mengantisipasi wabah nyamuk aedes aegypti yang dapat menyebabkan Demam Berdarah Dengue (DBD). 

Sebagaimana dikatakan M Yusuf Kasi Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Lampung Utara sejak awal tahun 2020 telah dimulainya pelaksanaan foging guna mengantisipasi wabah nyamuk yang dapat menyebabkan DBD di daerah setempat.

“Penyemprotan itu sudah dilaksanakan bahkan itu dimulai dari daerah sungkai dan di daerah perkotaan,” kata M Yusuf di kantornya, Selasa (4/2/2020). 

Pelaksanaan foging itu mulai dari wilayah kecamatan sungkai dan di daerah perkotaan yang meliputi wilayah kelurahan, desa dan sekolah-sekolah. 

“Penyemprotan atau foging untuk di wilayah kota, sudah dilaksanakan di wilayah Kecamatan Kotabumi Selatan, Kotabumi, dan Kecamatan Kotabumi Utara,” ujarnya.

Di wilayah Kecmatan Kotabumi Selatan, lanjutnya, yang sudah dilakukan foging di daeran-daerah kelurahan yang pernah ada kasus DBD sejak awal Januari 2020 lalu. Dinlantaranya di Kelurahan Kotaalam, Tanjung Aman, dan Kelurahan Tanjung Harapan.

Sementara untuk du wilayah Kecamatan Kotabumi Kota ada empat daerah, di Kelurahan Cempedak, Sribasuki, Rejosari dan Sindang Sari. Kemudian di wilayah Kecamatan Kotabumi Utara dilaksanakan di Desa Madukoro.

Kemudian untuk pencegahan itu pula dilaksanakan penyemprotam di sekolah-sekolah. Yang sudah dilakukan fogingnya di SDN 4 Tanjung Aman, SMPN 1 Kotabumi, dan Bhyangkari, SMAN 1 Kotabumi, SMPN 3 Kotabumi, TK, SD dan SMP Xaverius, SDN 2, dan 3 Kota Alam, MIN 1 Kotabumi. 

Yang dilanjutkan di SMAN 4 Kotabumi, TK Pembina, SD, SMP dan SMA Ibnurus, sekolah insan robani, SMPN 7, SMKN 1 Kotabumi, SMP Negeri 10 Kotabumi, TK Pertiwi, SD-SMP Shohibul Mukminin. 

“Di luar itu ada juga swadaya yang dilakukan oleh puskesmas-puskesmas, seperti di puskesmas bukit kemuning dan ketapang. Untuk foging disekolah yanh belum untuk di SMA Negeri 3 karena kemarin mereka masih ada kegiatan pas pelaksanaan fogingnya dan akan segera dilaksanakan,” jelas M Yusuf.

Penulis : Budi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here