Beranda Bandar Lampung Polda Lampung Melakukan Pengecekan Lokasi Dumping Limbah di TPA Bakung

Polda Lampung Melakukan Pengecekan Lokasi Dumping Limbah di TPA Bakung

18
0

Bandar Lampung (M9G) – Pada hari Senin tanggal 15 Februari 2021 kemarin Kasubdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Lampung AKBP M.Rizal Muchtar, S.I.K., M.H Memimpin langsung pengecekan lokasi Damping limbah ketempat Pembuangan akhir (TPA) sampah, diBakung kelurahan keteguhan kecamatan teluk Betung Barat kota Bandar Lampung. Rabu (17/02)

“Ya jadi yang saya sampaikan tadi bahwa informasi yang di dapat ini kami penyidik dari khusus Kasubdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Lampung melakukan gerakan cepat untuk melakukan pengecekan ke TKP kita ketahui bersama bahwa setiap pelayanan fasilitas medis dalam kali ini adalah rumah sakit,klinik dan segainya ini, didalam mengelola limbah infeksius ini tentu nya harus berdasar SOP” ujar Kabid Humas Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, S.H.,M.

Berdasarkan hasil penyelidikan ditemukan sampah rumah tangga, namun di lokasi tersebut juga ditemukan limbah medis dari beberapa rumah sakit, klinik kesehatan, Puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya dan limbah medis tersebut telah tercampur dengan limbah plastik dan sampah rumah tangga.

Limbah medis yang ditemukan antaranya botol infus bekas, botol obat cair yang terbuat dari kaca, selang infus bekas, masker bekas, baju alat pelindung diri atau APBD bekas, sarung tangan medis bekas, kantong plastik berwarna kuning bertulisan infeksius yang didalamnya berisi limbah medis dan juga di temukan surat atau nota Bertulis nama salah satu rumah sakit di kota Bandar Lampung

“ yang kita ketahui tadi kalo sampah infeksius itu atau limbah infeksius itu harus menggunakan plastik yang berwarna kuning, dan yang non infeksius berwarna hitam” katanya.

Sampah Medis yang ditemukan di TPA bakung menggunakan mobil truk sampah Dinas Lingkungan Hidup atau DLH kota Bandar Lampung. Didapati Informasi bahwa aktivitas Pembuangan limbah medis di TPA bakung sudah terjadi sejak lama, limbah medis yang sudah Dikumpulkan oleh pemulung berada di TPA Bakung sebagian sudah dijual di Pengepul.

 

Penulis : Eli/M9G

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here