Beranda Lampung Utara Peran Aktif Masyarakat Akan Wujudkan Pilot Project Kampung Tertib Lalu Lintas di...

Peran Aktif Masyarakat Akan Wujudkan Pilot Project Kampung Tertib Lalu Lintas di Lampura

13
0

Lampung Utara –  Upaya personil Polisi Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Lampung Utara untuk mewujudkan kampung tertib lalu lintas dibutuhkan peran aktif masyarakat dan dukungan Pemerintah Daerah. 

Kasat Lantas Polres Lampung Utara, AKP Muhammad Yani Endang mengatakan, sebagai salah satu program kerja dibentuknya kampung tertib lalu lintas tentunya membutuhkan peran aktif dari masyarakat agar lebih sadar akan ketertiban saay berkendara di jalan umum. 

“Mewujudkan tertib ini yang dibutuhkan peran aktif dari kita semua untuk sadar akan peraturan yang berlaku untuk keselamatan diri kita dan orang-orang disekitar kita saat berkendara,” kata AKP M Yani, di kantornya, Selasa (4/2/2020). 

Sebagai wujud dari sebuah program kerja, lanjutnya, Satlantas Polres Lampung Utara telah memulai pembangunan kampung tertib lalu lintas. Namun seemua itu menurutnya akan terwujud sesuai harapan setelah peran aktif masyarakat dalam mendukung program tersebut.

Sebagai lokasi untuk pilot project Kampung Tertib Lalu Lintas di Kabupaten Lampung Utara, kata AKP M Yani, tempatnya dipusatkan di wilayah Perum Jenganan Sikep Kelapa Tujuh, Kotabumi Selatan. Dia juga menuturkan untuk ketertiban berlalu lintas perbandingannya kian baik yang terjadi di Kabupaten Lampung Utara. 

“Perbandingan untuk tertib lalu lintas semakin baik dibandingkan tahun-tahun lalu, tapi ya ini lah kondisi kita, kebanyakan yang ditindak dulu baru mau tertib dan sadar bahwa tertib itu perlu selain dari untuk diri sendiribjuga untuk orang lain. Kesadaran ini perlu didukung oleh semua elemen, baik itu masyarakat dan pemerintah,” ujarnya.

Masih menurut AKP M Yani, yang mengatakan dalam mewujudkan kampung tertib lalu lintas tersebut pihaknya terus melakukan koordinasi dengan insitansi terkait dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat berkendaraa dan menimbulkan kesadaran untuk tertib itu dari diri sendiri dan mengajak sanak famili dan tetangga bisa saling mengingatkan untuk sadar akan hukum. Karena, negara republik Indonesia adalah negara hukum, paparnya.

“Kita juga sudah melakukan sosialisasi dengan masyarakat bahwa di Lampung Utara ada Kampung Tertib Lalu Lintas ini,” ungkaolpnya.

Ditambahkan, AKP M Yani, di kampung tertib lalulintas itu nantinya juga akan dibangun taman baca dan taman obyek tertib lalu lintas sebagai ikon dan tempat untuk masyarakat untuk berekreasi bersama keluarga terutama anak-anak agar mengetahui peraturan dan tatatertib saat berkendara. 

“Di lokasi itu juga nanti akan dibangun taman bacaan,” pungkasnya.

Penulis : Budi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here