Beranda Lampung Tengah Pencak Silat Sekinci-kinci Gelar Ritual Kenaikan Tingkat Ilmu Bela Diri

Pencak Silat Sekinci-kinci Gelar Ritual Kenaikan Tingkat Ilmu Bela Diri

89
0

Lampung Tengah – Pengurus Paguyuban seni bela diri Pincak silat sekinci-kinci melangsungkan acara ritual kenaikan tingkat ilmu bela diri kayu ke senjata tajam, pada hari Jum’at (20/3/2020) kemarin. Paguyuban Seni Bela diri sekinci-kinci ini merupakan satu-satunya kesenian bela diri asli masyarakat Lampung yang ada di provinsi Lampung.

Kegiatan ritual tersebut berlangsung pukul. 19.00 WIB s/d selesai yang dilaksanakan di kantor Sekretariat sekinci-kinci yang berada di Desa Pekurun Udik kecamatan Abung Pekurun kabupaten Lampung Utara. Kegiatan ini dihadiri oleh, Ketua Paguyuban, Guru Besar dan seluruh Pengurus Dari masing-masing daerah yang ada di provinsi Lampung yang tergabung dalam Paguyuban seni beladiri sekinci-kinci.

Kegiatan ini dibuka dengan hiburan berupa penampilan Dikit baru ibu-ibu dari Negeri Katon dan dilanjutkan dengan pentas kesenian bela diri dari anggota sekinci-kinci serta ditutup dengan pengambilan sumpah dan do’a.

Guru Besar Hasbullah menyampaikan, rasa terima kasih yang sangat dalam kepada seluruh anggota yang sudah hadir dan kepda tamu undangan yang sudah berpartisipasi sehingga kegiatan bisa digelar.

” Ucapan Ribuan terimakasih kepada seluruh anggota sekinci-kinci dan tamu undangan yang telah ikut berpartisipasi mensukseskan acara ini” katanya.

Selain itu Hasbullah menambahkan demi tercapainya tujuan semua tak luput dari peran serta seluruh anggota dan dapat didukung oleh pemerintah mengingat kesenian bela diri sekinci-kinci adalah kesenian asli masyarakat Lampung yang perlu diperhatikan.

” Sekinci-kinci adalah kesenian bela diri asli masyarakat Lampung yang harus diperhatikan oleh pemerintah daerah maupun provinsi karena sekinci-kinci bukan milik pribadi namun milik provinsi Lampung khususnya.

Hasbullah berharap kedepannya baik dari kepala daerah maupun DPRD dapat memberikan bantuan sarana dan prasarana guna melestarikan kesenian sekinci-kinci agar dapat lebih baik dan bersaing ditingkat nasional.

 

Penulis : Kcg/1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here