Beranda Tanggamus Pemkab Tanggamus Belum Salurkan BLT DD Tahap I Dan II “

Pemkab Tanggamus Belum Salurkan BLT DD Tahap I Dan II “

187
0

Tanggamus – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tanggamus, hingga 11 Juni 2020, diduga belum menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), tahap 1 dan II secara utuh.Kamis 11 Juni 2020.

Padahal, Presiden Jokowidodo dan Kementrian Daerah, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) telah mengintruksikan BLT DD disalurkan sebelum tanggal 24 Mei 2020 atau sebelum hari raya Idul Fitri.

Lambatnya pencairan BLT DD dikeluhkan oleh masyarakat. Mereka menilai, proses penyaluran BLT DD di Kabupaten Tanggamus berbeda dengan Kabupaten lainnya. BLT DD di Kabupaten lain sudah disalurkan secara tunai, tidak membuat buku rekening.

“Sampai dengan saat ini, detik ini, BLT DD di sini belum disalurkan. Alasannya adalah karena pembuatan buku Rekening Bank BRI belum kelar. Di daerah lain sudah disalurkan. Prosesnya langsung tunai tidak pakai buku Rekening,”ujar salah satu warga di Pekon Banjarsari, Kecamatan Wonosobo.

Warga yang menolak identitasnya disiarkan ini menambahkan, ia dan masyarakat lainnya mempertanyakan lambatnya proses penyaluran BLT DD. Padahal sudah ada intrusi dari Presiden dan Menteri Desa PDTT BLT DD disalurkan sebelum tanggal 24 Mei 2020.

Salah satu Pjs Kepala Pekon, yang namanya enggan disiarkan, mengatakan, BLT DD tahap 1 dan II belum dicairkan. Kendalanya adalah administrasi pembuatan buku rekening Bank BRI. Penyalurannya lewat Bank BRI.

“Kalau dananya untuk BLT DD selama tiga bulan sudah di bank semua.sebelum lebaran sudah kita setorkan ke bank.Tinggal nunggu konfirmasi dari bank jadwal pencairannya. Belum tahu sampai kapan nunggu pencairannya,”ujarnya.

Untuk diketahui bersama, Presiden Joko Widodo, mengatakan, penyaluran bansos dipercepat. Sebab, masyarakat sangat membutuhkan bantuan itu ditengah bencana COVID19. Proses dan prosedurnya dipermudah dan dipercepat.

“Saya minta menteri Sosial, Gubernur, Bupati, Camat, Kepala Desa dan sebutan lainnya, untuk segera merealisasikan BLT Dana Desa, sebelum tanggal 24 Mei 2020,”terang Jokowi.

Hal senada dikatakan oleh Wakil Menteri Desa PDTT, Budi Arie Setiadi, mengatakan, Mentri Desa PDTT telah mengeluarkan instruksi no 1 tahun 2020 tentang percepatan penyaluran BLT Dana Desa.

“Telah terbit instruksi soal BLT Dana Desa. Kepala Desa dan sebutan lainnya menyalurkan BLT Dana Desa sebelum tanggal 24 Mei 2020. Itu sudah jelas intruksinya,”kata dia.

Penulis : Tim AJOI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here