Beranda Pemerintah Nunik Kobarkan Semangat Insan Pers Lampung agar Semakin Berjaya

Nunik Kobarkan Semangat Insan Pers Lampung agar Semakin Berjaya

12
0

KALIMANTAN SELATAN – Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) menghadiri Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020 di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Sabtu (8/2/2020).

Kehadiran Wagub Nunik memberikan semangat tersendiri bagi kalangan pers khususnya Lampung untuk semakin berjaya.”Selamat Hari Pers Nasional, terus di depan mengabarkan kebaikan dan terus berkolaborasi bersama pemerintah untuk membangun Lampung. Semoga pers semakin jaya,” kata Wagub Nunik.

Nunik juga berharap insan pers selalu berkontribusi terhadap kemajuan Indonesia. Sebab, pers sebagai garda terdepan dalam menginformasikan berbagai informasi yang positif termasuk pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah.

HPN 2020 ini dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), bersama Ketua DPR RI Puan Maharani, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan pejabat tinggi negeri lainnya, duta besar negara sahabat dan para Kepala Daerah se-Indonesia.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan bahwa insan pers menurutnya adalah sebagai teman sehari-hari dalam beraktifitas. “Karena kemana pun saya pergi, yang selalu ikut bersama saya adalah para wartawan. Insan pers selalu dihati dan selalu rindu,” ujar Presiden Jokowi.

Jokowi mengapresiasi insan pers yang telah berkonsisten untuk mewartakan kerja-kerja pemerintah dan memberikan dukungan termasuk memberikan masukan. “Saya ingin ucapkan terima kasih kepada insan pers karena dalam waktu 5 tahun terakhir, pers telah konsisten dan telah mewartakan kerja-kerja pemerintah dan memberikan dukungan termasuk memberikan masukan,” katanya.

Salah satunya disebutkan Jokowi, yakni dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 dimana pers berperan besar dalam mendorong partisipasi masyarakat dan menjaga situasi bangsa tetap dalam keadaan kondusif. “Saya berharap juga dalam Pilkada 2020 ini yang dilaksanakan di 270 daerah, dukungan pers juga bisa lebih dimaksimalkan lagi,” ujarnya.

Jokowi menyebutkan negara sangat membutuhkan kehadiran pers dalam perspektif yang jernih, berdiri didepan, memerangi hoaks, ujaran kebencian dan semburan fitnah. “Mewartakan berita baik dan agenda-agenda besar bangsa Indonesia, membangkitkan semangat yang positif yang mendorong produktifitas dan optimisme bangsa,” katanya.

Menurutnya, masyarakat yang sehat adalah masyarakat yang mendapatkan informasi yang sehat dan baik. “Informasi yang baik memerlukan jurnalisme yang baik dan ekosistem yang baik,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal Sembiring Depari mengatakan pers harus memiliki kepedulian untuk mengambil tanggung jawab terhadap gerak langkah bangsanya. “HPN ini untuk kita saling bersilaturahmi dan mendekatkan insan media dengan daerah, mengexpos kegiatan daerah, memberikan apresiasi terhadap keberagaman Indonesia,” ujar Atal.

Sementara itu, Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh mengatakan insan pers harus bisa menyampaikan pesan dengan bahasa santun dan bermartabat. “Pers memiliki kontribusi memajukan bangsa dan negara,” katanya.

Pada kesempatan itu, dilakukan penyerahan Penghargaan Adinegoro bagi para pelaku insan pers dan Penghargaan Anugerah Kebudayaan yang diberikan kepada 10 Kepala Daerah di Indonesia salah satunya Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad.(ADPIM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here