Beranda DAERAH Ketua Dekranasda Kabupaten Tanggamus Membuka Pelatihan Manajemen

Ketua Dekranasda Kabupaten Tanggamus Membuka Pelatihan Manajemen

100
0
Ketua Dekranasda Kabupaten Tanggamus Membuka Pelatihan Manajemen
Ketua Dekranasda Kabupaten Tanggamus Membuka Pelatihan Manajemen

Tanggamus, – Ketua Dekranasda Kabupaten Tanggamus membuka pelatihan manajemen peserta industri kerajinan di halaman PAUD Kartini Pekon sudimoro bangun Kecamatan semaka, Selasa,(9/4/19).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut ketua dekaranasda, para pengurus dekaranasda, camat semaka, kepala pekon sudimoro bangun dan peserta pelatihan manajemen usaha industri kerajinan pengrajin batik tulis.

Dalam laporan Kepala dinas koporindak yang dalam hal ini disampaikan oleh M Gunawan menyampaikan tujuan dasar pada tahun anggaran 2019 dekranasda Kabupaten Tanggamus memiliki program kegiatan pelatihan dan pembinaan terhadap pengrajin yang ada di wilayah kabupaten Tanggamus salah satu dari kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada hari ini Selasa tanggal 9 April 2019 antara lain dasar pelaksanaan kegiatan pelatihan manajemen usaha industri kerajinan.

Pengrajin batik tulis dapat terlaksana serta dibiayai oleh anggaran dekranasda kabupaten Tanggamus Tahun Anggaran 2019 maksud dan tujuan kegiatan pelatihan manajemen usaha industri kerajinan pada pengrajin batik tulis di kecamatan semaka kabupaten Tanggamus dapat menambah ilmu pengetahuan serta wawasan dalam meningkatkan kemampuan berusaha serta memiliki manajemen usaha yang kreatif inovatif.

“Sehingga dalam menunjang kegiatan ini kami mengundang narasumber antara lain yang pertama narasumber dari dinas koperasi usaha kecil dan menengah Perindustrian Perdagangan Kabupaten Tanggamus yang kedua serta narasumber pengrajin batik dan motif batik dari Kecamatan Talang Padang kabupaten Tanggamus. lokasi dan waktu pelaksanaan kegiatan pelatihan manajemen usaha industri kerajinan pelaksana paud Kartini sudimoro bangun Kecamatan semaka Kabupaten Tanggamus,”ucapnya.

Sementara dalam sambutan Ketua Dekaranasda Nuraini Hamid Lubis menyampaikan kerajinan dan UMKM kerajinan yang akan terus berusaha untuk dapat berperan aktif terhadap iklim dan UMKM Kabupaten Tanggamus melalui program kegiatan pembinaan dan pelatihan.

“Untuk pemasangannya belum ada dan juga masih pengrajin-pengrajin kecil yang ada di bawah ini masih. Namun disinilah artinya kerja sama kita dari dekranasda bekerja sama juga dengan dinas koperindag Insya Allah untuk kita semua sama saya juga mungkin di sini selaku ketua dekranasda Kabupaten Tanggamus bapak camat juga artinya kami mungkin tidak akan bisa berjalan sendiri,tidak akan bisa mewujudkan apa yang menjadi Keinginan kita bersama apa yang menjadi keinginan kita yang tersebar di 20 Kecamatan. Jadi kami otomatis untuk ke depan ini mohon dibantu juga artinya selain dari dinas dari pemerintah Kecamatan juga yang berdiri ada di wilayah kecamatan masing-masing mohon dibantu supaya semuanya apa yang kita inginkan bisa terwujud,”pintanya.

Nuraini Hamid juga mengatakan pemerintah daerah akan terus berusaha untuk dapat berperan aktif terhadap program kegiatan pembinaan pelatihan dan pemasaran promosi hasil kerajinan dari daerah dengan mengikut sertakan dalam berbagai kegiatan.

“Setelah kegiatan yang kita adakan pada hari ini yaitu memberikan pembinaan pelatihan kepada pengrajin-pengrajin yang ada di kecamatan yang ada di Kabupaten Tanggamus ini terutama pada hari ini adalah pengrajin batik tulis yang ada di kecamatan semaka,”tambahnya.

Masih kata Nuraini Hamid, untuk pemasarannya akan semakin mudah lagi misalkan yang akan diikutkan dalam event-event tertentu yang ikut serta dalam pameran-pameran yang pemda laksanakan.

“Seperti contohnya sudah kita laksanakan dalam rangka menyambut Hut Kabupaten Tanggamus ke-22 kemarin pengrajin pengrajin kita ini sudah kita tampilkan disana. Saya mendampingi Bunda Dewi selaku bupati Kabupaten Tanggamus pada acara kebhinekatunggalikaan mereka semua melihat ada pengemasan pengemasan aneka ragam makanan produk yaitu dari pengrajin pengrajin kita yang ada di Kabupaten Tanggamus yaitu contohnya kemarin adalah kopi,”ujarnya.

Nuraini berharap pada pelaksanakan kegiatan ini dengan di berikan pelatihan kepada pengrajin pengrajin yang ada di Kabupaten Tanggamus khususnya yang ada di pekon ini mudah-mudahan kedepannya lebih baik dan dapat meningkatkan pengetahuan pengetahuan dan wawasan dan tentunya bermanfaat pada pengrajin yang ada di kecamatan semaka ini

“Kegiatan ini dapat terlaksana juga karena dukungan dan usaha semua pihak karena itu saya ucapkan kepada seluruh panitia yang telah bekerja sama untuk kelancaran kegiatan ini sehingga Kegiatan ini dapat terlaksana dan berjalan lancar,”pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan pembuatan batik tulis “lamban batik” dan aneka ragam makanan produk rumahan bude Nur sudimoro semaka. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here