Beranda DAERAH Kapolres Lampung Selatan Meresmikan Kampung Tangguh Nusantara

Kapolres Lampung Selatan Meresmikan Kampung Tangguh Nusantara

12
0

Lampung Selatan – Jajaran Polres Lampung Selatan (Lamsel) terus-menerus menggelar peresmian Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di wilayah hukum kabupaten setempat. Senin. (08/03/2021

Pada hari Senin kemarin, tanggal 8 Maret 2021 telah dilaksanakan giat peresmian di tiga tempat berbeda sekaligus dalam sehari. yakni pada pukul 10.30 WIB di Desa Bumi Daya, kemudian pukul 11.30 WIB di Desa Tanjung Jaya dan pukul 14.30 WIB di Desa Kalirejo, Kecamatan Palas, Lamsel.

Mewakili Kapolres Lamsel AKBP Zaky Alkazar Nasution, Kapolsek Palas Iptu M. Sari Akip berkesempatan memimpin jalannya peresmian itu.

Kegiatan itu, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan menyanyikan Mars Lampung Selatan, do’a dan sambutan-sambutan.

Kapolsek Palas Iptu M. Sari Akip dalam pidato sambutannya mengutarakan, giat peresmian kampung tangguh nusantara dimaksudkan untuk mengantisipasi bilamana pandemi Covid-19 nantinya menyebar hingga ke desa-desa di wilayah Kecamatan Palas.

“Harapan saya, semoga kita semua dapat terhindar dari wabah Covid-19 ini dan segera kembali ke kehidupan normal seperti sediakala tanpa ada lagi virus corona,” ujar Iptu Sari Akip sembari mendoakan.

Senada dengan itu, Camat Palas Rika Wati mengucapkan rasa terima kasih kepada jajaran Polsek Palas yang telah memfasilitasi kegiatan peresmian kampung tangguh nusantara dan aktif dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

“Saya menyampaikan harapan dari pemerintah, agar semua masyarakat ikut peduli dengan kegiatan ini. Meskipun, saat ini Lampung Selatan telah memasuki zona kuning akan tetapi kita harus terus berupaya agar Lampung Selatan menjadi zona Hijau,” harap Rika.

Rika juga mengingatkan semua pihak, untuk disiplin menerapkan 5 M yakni memakai masker,
mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak,
menjauhi kerumunan serta
membatasi mobilisasi juga interaksi.

Disamping itu, ia juga menjelaskan bahwasannya vaksin yang saat ini diberikan oleh pemerintah adalah vaksin yang tersertifikasi halal dan sudah teruji secara klinis. Sehingga, masyarakat tidak perlu ragu apabila akan mendapat vaksinasi karena tidak ada dampak yang negatif yang ditemukan.

Kepala Desa Bumi Daya Dudi Herwana mengatakan, dalam dua minggu sekali pihaknya selalu melakukan sosialisasi tentang protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kita semua harus senantiasa siap siaga dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing dan harus tetap menjaga semangat,” sebut Dudung, sapaan akrabnya.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Tanjung Jaya Santoso menjelaskan, mayoritas warganya adalah petani yang beraktifitas di areal persawahan sehingga terkena sinar matahari langsung setiap harinya.

“80% masyarakat Desa Tanjung Jaya adalah petani sehingga kegiatan mereka selalu mengeluarkan keringat dan mudah-mudahan aktifitas tersebut bisa mencegah Covid-19,” kata Santoso optimis.

Pada kesempatan yang berbeda, Kepala Desa Kalirejo Budiono turut menyampaikan, dirinya dan masyarakat siap berpartisipasi aktif pada program kampung tangguh.

“Kita siap menjalankan program dari pemerintah tentang anjuran protokol kesehatan dan kita semua harus mengetahui peran masing-masing dalam mencegah penyebaran Covid-19,” pungkas Budiono.

Peresmian kampung tangguh nusantara ditandai dengan seremonial gunting pita oleh Kapolsek Palas. Dilanjutkan dengan peninjauan masing-masing posko Covid-19, ruang kesehatan dan ruang isolasi oleh rombongan.

Dari pantauan di lapangan, tampak hadir dalam giat itu, Kapolsek Palas didampingi jajaran, Camat Palas, Danramil Palas diwakili Babinsa, Kepala Desa beserta perangkat Desa, Bidan Desa dan perwakilan masyarakat setempat.

 

Penulis : Mus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here