Beranda DAERAH Kabupaten Tanggamus Menerima Bantuan Alsintan Dari Pemerintah Pusat

Kabupaten Tanggamus Menerima Bantuan Alsintan Dari Pemerintah Pusat

8
0

Tanggamus, – Pemerintah Kabupaten Tanggamus menerima bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dari Pemerintah Pusat. Penyerahan Bantuan Alsintan tersebut dilakukan oleh Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, kepada sejumlah Kelompok Tani (Poktan) di Kabupaten Tanggamus, yang ditempatkan di Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKPTPH) Kabupaten Tanggamus, Sabtu (30/01/2021).

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, Wakil Bupati Tanggamus Hi AM Syafi’i, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, Anggota DPRD Provinsi Lampung dari Fraksi PDIP Yanuar Irawan, Ketua DPC PDIP Tanggamus Burhanudin M Noer, Anggota DPRD Tanggamus Fraksi PDIP, Inspektur Daerah Ernalia, serta Kepala Dinas KPTPH Catur Agus Dewanto.

Ketua Komisi IV DPR RI, yang juga Ketua DPD PDIP Lampung, Sudin, dalam sambutannya mengatakan bahwa bantuan yang diberikan merupakan tindak lanjut dari aspirasi masyarakat Tanggamus, yang difasilitasi oleh dirinya kepada Kementerian Pertanian RI, selaku mitra kerja Komisi IV DPR RI.

Bahkan Sudin menyatakan jika masih ada keinginan atau aspirasi lainnya dari petani, agar menyampaikan kepada dirinya.

“Kalau ada keinginan dari petani, silahkan ajukan, nanti akan kita bantu fasilitasi bantuannya,” ujar Sudin.

Sudin menerangkan, bahwa bantuan yang diserahkan merupakan bantuan tahun 2020, yang didalamnya terdapat juga bantuan bibit dan modal usaha.

“Semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat, dan ingat apabila Poktan ingin maju maka harus berjuang bersama-sama,” kata Sudin.

Lebih lanjut Sudin berpesan agar bantuan yang diberikan dapat dipergunakan dan dipelihara dengan baik, agar alsintan dapat dipakai lebih lama.

“Alsintannya dirawat dan digunakan untuk kepentingan kelompok, bukan kepentingan pribadi. Nanti Dinas akan cek, kalau disalahgunakan maka bisa ditarik kembali bantuan tersebut,” tegas Sudin.

Sementara Bupati Hj Dewi Handajani, mengucapkan terimakasih kepada Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, yang telah membantu petani di Tanggamus dalam memfasilitasi ke Pemerintah Pusat, sehingga Kelompok Tani di Tanggamus mendapat bantuan.

“Ini bantuan berkat perjuangan beliau, dan beliau ini sudah sejak dulu memperjuangkan agar petani di Tanggamus mendapat bantuan dari Pusat. Bukan hanya alsintan, terbaru saat ada bantuan untuk Kelompok Wanita Tani (KWT) Bapak Sudin gerak cepat, dan alhamdulillah tahun 2020 kemarin ada empat KWT yang mendapat bantuan masing-masing KWT Rp50 juta,” ujar Bupati.

Bupati menerangkan, bahwa bantuan alsintan diserahkan ke beberapa poktan yang tersebar di Kecamatan Airnaningan, Cukuhbalak, Gisting, Gunungalip, Kelumbayan, Kelumbayanbarat, Kotaagung, Kotaagung Barat, Pematangsawa, Pugung, Pulaupanggung, Semaka, Sumberejo, Talangpadang, Limau dan Bulok.

“Adapun bantuan alsintan terdiri  hand traktor sebanyak 14 unit, pompa air 25 unit, UPPO 1 unit, Power Thresser 4 Unit, Power Thresser Multiguna 1 Unit, Power Thresser Mobile1 Unit. Lalu Cultivator 2 Unit, Cornsheler 3 Unit, Hand Sprayer 10 Unit, Rice Tranplanter 1 Unit dan Combine Harvester 1 Unit,” terang Bupati.

Bupati berharap bantuan yang diterima dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani.

“Semoga bantuan yang diberikan bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani,” pungkas Bupati. (Kominfo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here