Beranda Banda Aceh Himbauan PB HUDA Aceh Terkait Wabah Virus Corona

Himbauan PB HUDA Aceh Terkait Wabah Virus Corona

63
0

Aceh – Wabah Virus Corona (Covid-19) adalah jenis virus yang penyebarannya melalui kontak dengan penderita yang sudah terkena virus tersebut. Salah satu strateginya adalah memisahkan orang yang terjangkit dengan orang sehat. Senin,(16/03/20).

Dayah baik salafiyah maupun terpadu adalah tempat isolasi yang paling baik bagi masyarakat karena sifat yang tidak mudah orang keluar-masuk ke dayah. Disamping mudah dijaga dan dimonitoring secara rutin di dayah para santri dapat terus menjaga diri bersih, mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal lagi thayyib serta mendekatkan diri kepada Allah dengan berbagai bentuk ibadah.

Santri dayah yang menerapkan sistem asrama tidak butuh di liburkan. Karena yang dibutuhkan adalah petugas medis yang secara reguler memantau kesehatan mereka dan petugas gizi dan dukungan makanan yang cukup untuk mempertahankan daya imunitas tubuhnya.

Justru dengan meliburkan dayah, potensi terpapar virus sepulang dari libur dan virusnya dibawa kedayah lebih mungkin terjadi.

Adapun usaha-usaha untuk mengatasi Virus Corona supaya tidak tersebar ke Dayah-Dayah, PB HUDA menegaskan kepada semua pimpinan dayah atau pengurus dan pengelola dayah seluruh Aceh, harus menjaga dayah dari wabah Virus Corona (Covid-19) dengan baik.

Cara yang dapat dilakukan antara lain; harus dibatasi bagi wali atau tamu lainnya untuk mengunjungi santri, bahkan untuk sementara waktu ditiadakan saja dan semua santri tidak dibenarkan keluar komplek atau beraktifitas diluar Dayah. Harapan ini perlu dilakukan supaya jangan terkontaminasi antara santri dengan masyarakat luar dayah dalam sementara waktu.

Selanjutnya kondisi kebersihan harus selalu terpantau dan terjaga dengan baik, supaya tidak ada ruang yang dapat terjadi pengembangbiakan bakteri penyakit. Selain itu, PB HUDA juga menekankan Dari berbagai pertimbangan dan kebijakan tersebut, maka Dayah tidak perlu diliburkan, namun penjagaan segala aspek di Dayah perlu ditingkatkan penjagaaanya yang lebih extra.

Demikian Himbauan PB HUDA ini mungkin dapat menjadi pertimbangan agar mendapat kajian dan pertimbangan lebih konprehensif lagi terhadap kebijakan meliburkan dayah.

Penulis : Ari/1

*Ari*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here