Beranda Metro Fran: Pengembangan Suatu Wilayah Punya Dampak Terhadap Lingkungan Sekitar

Fran: Pengembangan Suatu Wilayah Punya Dampak Terhadap Lingkungan Sekitar

8
0

Metro – Dr Fritz Akhmad Nusir penataan sebuah wilayah harus benar-benar terencana secara matang. Pengembangan suatu wilayah sedikit banyak memiliki dampak terhadap lingkungan sekitar.

Hal ini disampaikan Fran sapaan akrabnya dalam sarasehan di Taman Punden Mulyosari 16 A Kecamatan Metro Barat, Kota Metro, Sabtu 8 Februari 2020.

Dalam paparannya di depan mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung, Sutono dan mantan Walikota Metro Lukman Hakim serta ratusan masyarakat, Fran mengakui tidak tahu secara detail soal pertanian, namun hal ini bukan halangan untuk dikombinasikan dengan predikat yang disandang nya sebagai ahli arsitektur dan penataan wilayah.

“Izinkan saya menyampaikan sedikit paparan demi pembangunan kota metro. Saya sebagai seorang akademisi tetapi tidak begitu dekat atau mengerti lebih detil tentang pertanian,tetapi nanti ini akan kita kolaborasikan, ” kata Fran.

Dosen Arsitektur UBL ini memaparkan, ternyata semua sektor termasuk pertanian ada hubungannya dengan lingkungan. Bahwa yang perlu diketahui saat ini masalah penataan kota atau pengembangan suatu wilayah lebih tepatnya bidang lingkungan belum sepenuhnya menjadi fokus pemangku kebijakan.

Fran mencontohkan, ada fenomena baru tentang curah hujan, di mana suhu di dunia termasuk di Indonesia dan kota metro juga terjadi peningkatan. Dampak yang terjadi secara langsung adalah kebanjiran atau ada air mampir.

Peningkatan curah hujan ini salah satu fenomena atau lazimnya disebut perubahan iklim.

“Intinya bumi kita ini semakin panas seperti yang di sampaikan Ibu Lasmi bahwa bumi kita ini memang satu dan itu benar. karena bumi hanya satu makanya kita harus eman-eman,” kata Fran.

Fran juga menambahkan, permasalahan lingkungan yang timbul terkadang berasal dari manusia sendiri dan itu mulai menghantui berbagai daerah. contoh dari masalah yang timbul dari manusia itu adalah sampah sampah yang dihasilkan seperti sampah organik dan non organik.

Frans juga menyoroti masalah kurang nya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Terlebih soal sampah di mana masyarakat pada umumnya kurang peduli. Dampak dari masalah lingkungan yang disebabkan oleh sampah adalah terjadi penyumbatan sampah di dalam drainase di sebuah perkotaan.

“Padahal kalau kita sedikit mau peduli, termasuk saya pribadi Anggap saja itu bukan sampah tapi sebagai sumber daya yang masih bisa kita gunakan apalagi yang sifatnya sampah masih bersifat organik. Mungkin karena memang kebutuhan kehidupan kita terlebih lagi hidup di zaman yang modern di zaman teknologi tetapi justru yang pada akhirnya hanya untuk kepentingan manusia belaka,” tandas Fran.

Penulis : Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here