Beranda Kriminal Cipta Kondisi Aman, Brimob Bersinergi Gelar Patroli Rutin

Cipta Kondisi Aman, Brimob Bersinergi Gelar Patroli Rutin

39
0

Lampung Utara – Batalyon C pelopor Brimob Polda Lampung yang bermarkas di Gedung Alsintan Simpang Propau Abung Selatan dalam memberikan back up keamanan di wilayah hukum Polres Lampung Utara bersinergi dengan TNI menggelar patroli rutin disejumlah rawan sebagai upaya pencegahan dari pelaku C3. 

Komandan Batalyon C pelopor Brimob Polda Lampung, Kompol Saifullah mengatakan, patroli bermotor baik yang menggunakan kendaraan roda dua dan empat itu dilakukan jajarannya yang bersinergi dengan anggota TNI itu dalam rangka mencegah aksi curat, curas dan curanmor (C3) di wilayah hukum Polres Lampung Utara. 

“Patroli ini kita laksanakan setiap hari di wilayah hukum Polres Lampung Utara sebagai back up personil Polres Lampung Utara untuk menciptakan kondisi (cipkon) kamtibmas untuk mencegah C3,” kata Kompol Saifullah.

Dikatakannya, untuk jumlah personil Brimob setiap hari dalam melaksanakan giat patroli tersebut sedikitnya ada 25 orang yang menggunakan 8 unit motor da  2 unit mobil. “Untuk rutenya dari Mako Brimob simpang propau melalui kotabumi, bumi agung, surakarta, ketapang, negara ratu dan wilayah hukum Polres Lampung Utara,” ujarnya.

Kapolres Lampung Utara  AKBP Budiman Sulaksono menerangkan, bahwa patroli gabungan tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon C pelopor Brimob Polda Lampung, Kompol Saifullah dengan menggunakan sepeda motor dengan bersenjata lengkap.

Patroli yang dilaksanakan itu menyisir wilayah pinggiran, sehingga kegiatan pengamanan wilayah tidak hanya terfokus di wilayah pusat kota. Selama patroli, petugas gabungan juga singgah di Markas Kimal dan Polsek-polsek jajaran serta berhenti untuk menyapa dan berdiskusi dengan masyarakat untuk menyerap aspirasi masyarakat.

“Kegiatan patroli gabungan ini digelar secara rutin, tujuannya memberikan rasa aman kepada masyarakat. Kami yakini dengan patroli seperti ini dapat mencegah niat dan kesempatan para pelaku untuk melakukan aksi jahatnya,” kata AKBP Budiman Sulaksono.

Lebih lanjut dikatakannya, patroli preventif tersebut dilaksanakan secara berlanjut dari pagi, siang, sore dan malam hari, semua itu menurutnya merupakan semangat para personil Polri untuk masyarakat. Untuk itu diharapkannya peran aktif masyarakat itu juga dapat lebih digiatkan. Seperti diadakannya siskamling dan komunikasi aktif dengan aparat pemerintah desa dan kepolisian dan keamanan lainnya.

“Harapan kita dengan adanya patroli gabungan dari TNI dan Polri (Brimob dan anggota Polres Lampung Utara) ini dapat menciptakan Kabupaten Lampung Utara bebas dari C3 serta tindak kejahatan lainnya, peran serta masyarakat itu yang utama,” pungkasnya.

Penulis : Budi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here