Beranda Lampung Tengah 2000 warga Lampung Utara Sudah Pulang Kampung

2000 warga Lampung Utara Sudah Pulang Kampung

11
0
Ket foto: Pj Sekretaris Kabupaten Lampung Utara, Sofyan, Rabu (01/4/2020).

Lampung Utara – Mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang bisa saja sudah masuk di wilayah pedesaan Pemerintah Daerah Lampung Utara minta Camat dan perangkat Pemerintahan Desa mendata dan melakukan pengecekan kesehatan warga yang baru pulang ke Puskesmas.

Instruksi itu disampaikan Pj Sekda Lampung Utara, Sofyan menyikapi lonjakan warga yang dari merantau dan jalan keluar daerah pulang ke kampung halamannya di situasi pandemi Covid-19 yang semakin meningkat beberapa hari terakhir ini.

“Sementara ini sampai tadi malam informasinya hampir dua ribuan,” ujar Sofyan, ketika dikonfirmasi jumlah warga pendatang atau pulang kampung ditengah pandemi Covid-19 pada, Rabu (01/4/2020).

Untuk mengantisipasi adanya penyebaran virus di wilayah setempat, Pj Sekda Lampung Utara itu kembali memerintahkan camat, perangkat pemerintah desa bisa bekerjasama dengan aparat Kepolisian dan TNI (Polsek dan Koramil) memberikan imbauan kepada masyarakat untuk mengikuti peraturan yang telah ditetapkan Pemerintah.

Diharapkan, lanjutnya, jajaran kecamatan (camat, polsek, koramil, puskesmas) sampai pemerintah desa dan tokoh agama, tokoh masyarakat dan keluarga yang bersangkutan (warga yang baru pulang kampung) untuk disiplin mengikuti anjuran Pemerintah.

“Terutama melakukan isolasi mandiri atau tidak keluar rumah selama 14 hari dengan tetap dipantau oleh keluarga dan petugas,” ujarnya.

Sementara itu terkait langkah antisipasi terburuk Pemda Lampung Utara melalui Dinas Kesehatan dan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ryacudu Kotabumi juga telah mempersiapkan lahan pemakaman untuk jenazaah korban Covid-19.

“Kalau lahan pemakaman, pihak rumah sakit sudah menyediakan, juga SOP bagaimana penanganan jenazah penderita Covid-19,” kata Sofyan.

 

Penulis : Budi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here